Contoh Bentuk Asesmen
Asesmen adalah proses evaluasi untuk mengukur pemahaman, keterampilan, dan kompetensi peserta didik. Berikut adalah beberapa bentuk asesmen berdasarkan jenisnya:
1. Asesmen Formatif (Dilakukan selama pembelajaran untuk memberikan umpan balik)
No | Bentuk Asesmen | Contoh |
---|---|---|
1 | Kuis | Kuis online tentang jaringan komputer menggunakan Google Forms. |
2 | Tanya jawab | Guru memberikan pertanyaan lisan setelah menjelaskan materi. |
3 | Mind Mapping | Siswa membuat peta konsep tentang topologi jaringan. |
4 | Observasi | Guru mengamati keterampilan siswa dalam melakukan konfigurasi jaringan. |
5 | Refleksi Pembelajaran | Siswa menuliskan kesulitan yang mereka hadapi dalam memahami materi VoIP. |
2. Asesmen Sumatif (Dilakukan di akhir pembelajaran untuk mengukur capaian belajar)
No | Bentuk Asesmen | Contoh |
---|---|---|
1 | Ujian Tertulis | Soal pilihan ganda dan esai tentang sistem komunikasi VoIP. |
2 | Proyek | Siswa membuat simulasi jaringan VoIP menggunakan software seperti Cisco Packet Tracer. |
3 | Presentasi | Siswa mempresentasikan hasil analisis mereka tentang keamanan jaringan. |
4 | Tes Praktik | Siswa melakukan konfigurasi perangkat jaringan dan mengatur alamat IP. |
5 | Portofolio | Mengumpulkan laporan tugas dan proyek selama satu semester. |
3. Asesmen Diagnostik (Dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui kemampuan awal siswa)
No | Bentuk Asesmen | Contoh |
---|---|---|
1 | Pre-Test | Soal singkat tentang dasar-dasar jaringan komputer sebelum memulai materi. |
2 | Wawancara | Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman mereka dalam menggunakan internet. |
3 | Angket | Kuesioner tentang pemahaman siswa terhadap sistem komunikasi digital. |
4. Asesmen Autentik (Mengukur keterampilan dalam situasi nyata)
No | Bentuk Asesmen | Contoh |
---|---|---|
1 | Studi Kasus | Siswa menganalisis masalah nyata terkait gangguan pada VoIP. |
2 | Simulasi | Membuat jaringan kecil di laboratorium komputer dan menghubungkan perangkat menggunakan VoIP. |
3 | Jurnal Belajar | Siswa mencatat perkembangan mereka dalam memahami jaringan komputer. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar