I.
Pilihan Ganda Kompleks (pilih 2 jawaban yg benar)
1. Iwan bermain game komputer yang memiliki teka-teki yang rumit, kemudian iwan
menggunakan konsep berpikir komputasional untuk mengembangkan strategi untuk
menyelesaikan teka-teki tersebut.
Manakah dari berikut ini yang termasuk dalam konsep berpikir
komputasional ….
A. dekomposisi
B. eksperimen
C. algoritma
D. kreativitas dalam seni
E. flowchart
2. Vina bekerja untuk Perusahaan pengiriman dan harus merencanakan rute
pengiriman paket ke beberapa lokasi yang tersebar. Untuk memecahkan masalah
tersebut maka digunakan berpikir komputasional.
Manakah dari berikut ini yang termasuk dalam langkah-langkah pemecahan
masalah berpikir komputasional ….
A. Analisis data
B. Pengecekan email
C. Identifikasi masalah
D. Perancangan eksperimen
E. Kreativitas dalam seni
3.
Seorang teknisi
sedang menginstall laptop konsumen dengan salah satu sistem operasi komputer,
yang termasuk sistem operasi adalah….
A.
ms word
B.
corel draw
C.
windows
D.
linux
E.
ms excel
4.
perhatikan kode
pemrogrman phyton dibawah ini
bil1= 10
bil 2= 15
…………
…………
Manakah lanjutan dari program
tersebut….
A. bil + bil
B. bil1 + bil2
C. bil - bil
D. jumlah
E. bil1 – bil2
5. Pak Dodi sedang mengembangkan aplikasi penggajian karyawan di kantornya.
Dia ingin menggunakan konsep abstraksi agar aplikasi bisa mengelola data gaji
tanpa harus mengkhawatirkan detaileperti format penyimpanan atau perhitungan
pajak.
Bagaimana Pak Dodi bisa menerapkan abstraksi pada aplikasi penggajiannya….
A. menggunakan modul atau pustaka yang mengurus perhitungan pajak secara
otomatis
B. menulis seluruh kode untuk perhitungan pajak penyimpanan data gaji secara manual
C. menggunakan fungsi dari modul pihak ketiga untuk penyimpanan data
karyawan
D. memasukkan semua data gaji dalam satu file teks agar mudah dikelola
E. membuat antarmuka pengguna yang menyembunyikan detail perhitungan gaji
6.
Cika sedang
mengerjakan tugas komputer tentang Hardware komputer yang terdiri dari input,
output, proses dibawah ini yang merupakan input komputer adalah ….
A.
mouse
B.
printer
C.
speaker
D.
monitor
E.
Keyboard
7.
Andi ingin membuat
program untuk mencari siswa dengan nilai tertinggi dalam suatu kelas.
Langkah-langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan Andi….
A. meminta setiap siswa
memasukkan nilainya secara manual
B. membuat daftar nilai semua
siswa
C. membandingkan nilai setiap
siswa dengan siswa lainnya
D. menggunakan algoritma
pengurutan untuk mengurutkan nilai dari yang terbesar ke terkecil
E. membuat fungsi untuk
menghitung rata-rata nilai
8.
Fahri edang
mengembangkan game sederhana yang terdiri dari beberapa level. Setiap level
memiliki musuh, rintangan, dan skor akhir. Untuk menyederhanakan pembuatan
game, Fahri melakukan dekomposisi terhadap berbagai elemen game.
Bagaimana Fahri sebaiknya
membagi tugas dalam game ini….
A. membuat fungsi terpisah
untuk mengatur musuh, rintangan, dan skor di setiap level
B. menggabungkan musuh,
rintangan dan skor dalam satu fungsi besar agar lebih efisien
C. membuat algoritma besar yang
langsung menjalankan semua level sekaligus
D. memisahkan setiap level
menjadi modul yang bisa diubah dan diatur secara independen
E. menghapus fitur skor agar
pengembangan lebih mudah
9.
Fani ingin membuat
program untuk mengelola data perpustakaan. Konsep abstraksi yang paling tepat
adalah….
A. memandang buku sebagai objek
dengan atribut seperti judul, penulis, dan tahun terbit
B. membuat database untuk
menyimpan data buku
C. menggunakan barcode untuk
mengidentifikasi buku
D. membuat fungsi untuk
meminjam dan mengembalikan buku
E. membuat diagram alir untuk
proses peminjaman buku
10. Risna sedang mempelajari bahasa
python dan ingin membuat program sederhana yang menghitung luas persegi
panjang. Dia tahu bahwa rumus luas persegi panjang adalah panjang dikali lebar.
Bagaimana Risna bisa menulis program tersebut dalam python.
Apa yang harus Risna lakukan
untuk menghitung luas persegi panjang….
A. menggunakan variabel panjang
dan lebar, lalu menghitung luas dengan luas = panjang * lebar
B. menulis program dengan
fungsi print(“Luas adalah:”, panjang + lebar)
C. membuat input dari pengguna
untuk panjang dan lebar, lalu menghitung luasnya
D. menggunakan operator
pembagian untuk menghitung luas
E. menggunakan perintah input
() untuk menerima nlai panjang dan lebar dari pengguna
Aurellia Nathania Darmawan (X-5 Kelompok 5, Senin 21 October 2024)
BalasHapusPencarian
=menemukan "sesuatu" yang bisa berupa benda, angka, konsep, information yang dipenuhi kriteriatertentu dalam status ruang pencarian.
Revan satria raharja X-5(kel4)
BalasHapussenin,21 oktober 2024 jam 08.46
pengertian searching atau pencarian dalam konteks komputasi,merujuk pada proses mencari nilai atau informasi tertentu dalam suatu kumpulan data atau struktur tertentu
Desti Anggraeni X-5 (kelompok 2)
BalasHapusSenin, 21 Oktober 2024 jam
2. Algoritma Penggurutan (Sorting).
Pengurutan merupakn suatu permasalahan klasik pada komputasi yang dilakukan untuk mengatur agar suatu kelompok benda, objek,/ entitas diletakkan mengikuti aturan tertentu.urutan yang paling sederhana misalnya mengurutkan angka Secara terurut menaik/menurun.